Jenis-jenis Ikan Lele



LELE

Ikan Lele merupakan jenis ikan yang habitatnya di air tawar. Lele dikenal sebagai ikan yang memiliki tubuh yang licin, sedikit pipih memanjang dan mempunyai kumis panjang yang terdapat di sekitar area mulutnya. Di Negara kita ini Ikan Lele memiliki beragam nama, tergantung daerahnya hidup. Ikan Lele biasa di sebut dengan ikan kalang di Padang, ikan maut di Gayo Acehm ikan cepi di Bugis, ikan lele atau lindi di Jawa Tengah. Ikan lele hidup di air tawar dan tidak pernah di temukan pada air asin atau laut.

Habitat dari Ikan ini berada di sungai yang aliran arusnya lambat, rawa-rawa, telaga, waduk, dan juga sawah yang tergenang air. Ikan lele bersifat noctural, yaitu dimana ikan ini aktif bergerak dalam mencari makanan di saat malam hari. Sedangkan di siang harinya ikan ini lebih tenang dengan berdiam diri dan berlindung di tempat yang tak terkena sinar matahari secara langsung.

Jenis-jenis Ikan Lele
Di Indonesia terdapat 6 Jenis Ikan Lele yang bisa di budidayakan, antara lain :
1.     Clarias batrachus, dikenal dengan nama ikan lele di Jawa , ikan kalang di Sumatera Barat , ikan maut di Sumatera Utara , serta ikan pintet di Kalimantan Selatan .
2.     Clarias teysmani, dikenal dengan nama lele Kembang di Jawa Barat , Kalang putih di Padang .
3.     Clarias melanoderma, yang mana dikenal dengan nama ikan duri di Sumatera Selatan , wais di Jawa Sedang , wiru di Jawa Barat .
4.     Clarias nieuhofi, yang mana dikenal dengan nama ikan lindi di Jawa , limbat di Sumatera Barat , kaleh di Kalimantan Selatan .
5.     Clarias loiacanthus, yang mana dikenal dengan nama ikan keli di Sumatera Barat , ikan penang di Kalimantan Timur .
6.     Clarias gariepinus, yang dikenal dengan nama lele Dumbo di Lele Domba , King cat fish, didatangkan dari Afrika.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Animalia
Filum:
Chordata
Kelas:
Actinopterygii
Ordo:
Siluriformes
Famili:
Clariidae
Genus:
Clarias
Scopoli, 1777

Manfaat Ikan Lele

Banyak jenis ikan lele yang disebut ikan konsumsi yang mana disukai orang. Beberapa jenis lele sudah dibiakkan orang, tapi umumnya spesiesnya di tangkap dari populasi liar di alam. Lele dumbo yg popular sbg ikan ternak, sebenarnya yaitu type asing yg didatangkan ( diintroduksi ) dari Afrika.
Lele dikembangbiakkan di Indonesia utk konsumsi serta juga utk melindungi mutu air yg tercemar. Kerapkali lele di taruh di tempat-tempat yg tercemar di karenakan dapat menyingkirkan kotoran-kotoran. Lele yg di taruh di tempat-tempat yg kotor mesti diberok terlebih dulu sebelum saat siap utk dikonsumsi. Diberok itu adalah maksudnya dipelihara pada air yg mengalir sekian hari dng maksud utk membersihkannya.
Kadang-kadang lele juga di taruh di sawah di karenakan dapat memakan hama-hama yg ada di sawah. Lele kerap juga di taruh di kolam-kolam atau juga di tempat-tempat air tergenang yang lain utk menanggulangi tumbuhnya jentik-jentik nyamuk.

Singkatnya berikut ini merupakan manfaat dari Ikan Lele :
·  Sbg bahan makanan
·  Ikan lele dari type C. batrachus juga bisa digunakan sbg ikan pajangan atau ikan hias.
·  Ikan lele yg dipelihara di sawah bisa berguna utk memberantas hama padi berbentuk serangga air, di karenakan serangga air merupakan di antara makanan alami ikan lele.
·  Ikan lele juga bisa diramu dng beragam bahan obat lain utk menyembuhkan penyakit asma, menstruasi ( datang bln. ) tak teratur, hidung berdarah, kencing darah dan sebagainya.

 

Budidaya Ikan Lele


Ikalan Lele merupan jenis ikan konsumsi yang sangat di minati oleh masyarakat luas. Oleh karena itu banyak orang membudidayakan Lele yang bertujuan untuk menjaga kelestarianya serta memenuhi minat dari masyarakat. Jenis ikan lele yang paling banyak di budidaya ialah Lele Lokal, Lele Dumbo, dan Lele Sangkuriang.

 

Incoming search terms:

 

pengertian ikan lele,pengertian budidaya ikan lele,manfaat budidaya ikan lele,manfaat budidaya ikan konsumsi,jenis ikan lele,tujuan membudidayakan ikan konsumsi,penjelasan ikan lele,pengertian lele,jenis lele,manfaat budidaya ikan.
 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Budidaya Ikan Lele - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger